Pendidikan adalah faktor penting bagi kelangsungan hidup
suatu bangsa karena tidak ada satu bangsapun yang mampu mencapai kemajuan
tanpa meletakkan pendidikan sebagai dasar utama pembangunan. Pendidikan terjadi
di bawah bimbingan orang lain, tetapi bisa juga secara otodidak. Fungsi pendidikan yaitu mengembangkan bakat perseorangan
demi kepuasan pribadi dan orang lain, mengurangi pengendalian orang
tua. Jadi, melalui pendidikan sekolah, orang tua jadi mengurangi tugasnya dan
menitipkan untuk mendidik anak kepada sekolah.
Sejak
awal kemerdekaan, pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan
pendidikannya ke arah yang lebih baik. Karena, pada setiap periode
pemerintahan, bidang pendidikan, selalu mendapat perhatian dari pemerintah Indonesia. Berikut adalah perkembangan
pendidikan di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga masa reformasi. Yang
pertama yaitu perkembangan Indonesia pada awal kemerdekaan.
1. Perkembangan pendidikan pada awal
kemerdekaan
Pada
zaman penjajahan,kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak-anak Indonesia
sangat terbatas.dari sejumlah anak-anak usia sekolah,hanya sebagian kecil saja
yang menikmati sekolah.maka dari itu kita harus semangat bersekolah dan
bersyukur,karena masih banyak yang belum mampu untuk sekolah dan ingin sekolah.
Setelah proklamasi
kemerdekaan,pemerintah mengangkat ki hajar dewantara sebagai menteri
pendidikan,pengajaran,dan kebudayaan.ki hajar hanya menjabat selama 3
bulan.kemudian digantikan oleh mr.t.s.g.mulia selama 5
bulan.selanjutnya,jabatan menteri pp dan k dijabat oleh mohammad
syafie.lalu,digantikan oleh mr.suwandi.lalu,dibentuk Panitia Penyelidik
Pengajaran Republic Indonesia yang bertugas untuk meneliti dan merumuskan
masalah pengajaran setelah kemerdekaan.
Tujuan umum pendidikan diindonesia
adalah untuk mendidik anak-anak menjadi warga Negara yang berguna,yang kelak
dapat memberikan pengetahuannya kepada Negara.dan tujuan pada masa itu lebih menekankan pada penanaman
semangat patriotism(*BOOM.)
Pendidikan pada awal kemerdekaan
ini,terbagi menjadi 4 tingkatan.yaitu pendidikan rendah,pendidikan menengah
pertama,dan pendidikan menengah atas,dan pendidikan tinggi.akhir tahun
1949,tercatat bahwa 24.775 buah sekolah rendah di seluruh Indonesia!
2.Perkembangan
pendidikan pada masa demokrasi liberal
Pada tahun 1950,diadakan pengalihan
masalah pendidikan dari pemerintah belanda kepada pemerintah ris(republic
Indonesia serikat).kemudian,disusun suatu konsepsi pendidikan yang dititik
beratkan pada spesialisasi.disebabkan karena,menurut menteri pendidikan
,Indonesia sangat tertinggal dalam pengetahuan teknik.
Karena,Indonesia merupakan Negara
kepulauan.jadi ya,kota seperti Surabaya,Makassar,Ambon,Manado,padang,Palembang
diadakan akademi pelayaran,akademi oseanografi,dan akademi research laut.Tenaga
pengajarnya didatangkan dari luar negeri.
Pada masa ini,didirikan beberapa
universitas baru seperti universitas hasanuddin di Makassar,universitas andalas
dipadang,dll.
3.Perkembangan
pendidikan pada masa demokrasi terpimpin
Pada tahun 1950 an,murid-murid sekolah
sangat banyak sekali.murid-murid ini adalah hasil pertama dari system
pendidikan setelah kemerdekaan.supaya mereka bisa melanjutkan pendidikannya
seperti mendirikan universitas dan menambah jumlah fakultas di universitas yang
ada. Selain itu, didirikan juga institute agama islam
negeri(IAIN) untuk murid lulusan pesantren. ada juga untuk murid yang beragama
Kristen atau katholik yaitu perguruan theologia. dan perguruan lain seperti
universitas islam Indonesia, universitas Kristen Indonesia, yang tercatat pada
tahun 1961.
4.Perkembangan
pendidikan pada masa orde baru
Pada masa
orde baru, dimunculkan sebuah konsepsi pendidikan yang dikenal dengan sekolah
pembangunan. konsepsi ini diajukan oleh Mashuri S.H selaku menteri pendidikan
dan kebudayaan. konsep itu muncul untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih
luas, pemerintah melakukan instruksi presiden(inpres) pendidikan dasar. adanya
instruksi presiden ini membuat jumlah SD(Sekolah Dasar) meningkat pesat. tercatat pada periode
1993/1994 hampir 150.000 unit SD impress telah dibangun. pemerintah juga
melaksanakan program pemberantas Buta Huruf yang dimulai pada tanggal 16
agustus 1978. Lalu, Program Wajib Belajar pada tanggal 2 mei 1984, dan Program
Gerakan Orang Tua Asuh(GNOTA).
5.Perkembangan
pendidikan pada masa reformasi
Pemerintah
pada masa reformasi menjalankan amanat UUD 1945 dengan memprioritaskan anggaran
pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan belanja Negara(APPBN). Pemerintah pada masa reformasi juga melakukan beberapa kali
perubahan kurikulum. Perubahan-perubahan tersebut antara lain:
- Kurikulum Berbasis Kompetensi(KBK)
pada
pelaksanaan kurikulum ini,siswa dituntut untuk aktif untuk memperoleh
informasi.
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
KTSP
tidak jauh berbeda dengan KBK, perbadaannya terletak pada kewenangan dalam
penyusunannya, yaitu mengacu pada desentralisasi system pendidikan. pemerintah
pusat juga sudah menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
- Kurikulum 2013
Casino: The Best Casino in Reno, NV 2021 - Mapyro
BalasHapusCheck out our map of the best casinos in Reno and pick 대전광역 출장샵 a favorite 충청남도 출장샵 casino 군포 출장마사지 to play in Reno. Casino and Resort Casino: The 영주 출장샵 Best Casino in Reno. 김포 출장샵